2010-12-13

It Called Me "Phlegmatis"

What? Ada apa ini? Oh, ternyata ada pembagian hasil psikotes yang saya ikuti pada hari Sabtu, tepatnya tanggal 13 November 2010. Psikotes diadakan untuk mengetahui sifat seperti apakah yang kita miliki.  Seseorang mungkin mampu mengetahui sifat seperti apa yang mereka miliki. Namun, sampai sedetail apa orang tersebut mampu mendeskripsikan sifat yang dimilikinya? Untuk itulah psikotes diadakan. Berikut adalah sedikit ringkasan dari sifat-sifat dasar dalam diri setiap seseorang.

Sifat dasar manusia terbagi menjadi empat, yaitu sanguinis, kholeris, melankolis, dan phlegmatis. Masing-masing mempunyai sifat positif dan negatif yang berbeda-beda.

Psikotes yang diadakan di SMAN 90 ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk mengetahui sifat apa yang saya miliki. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 65.000,00 saya dapat mengikuti tes ini. Berbeda jadinya bila saya mengikuti tes ini di luar sekolah. Bisa sampai jutaan cing! Cukup besar bukan? haha. Dari hasil psikotes tersebut menyebutkan kalau saya ini mempunyai tipe kepribadian "Phlegmatis". Seperti apakah itu? Berikut arti dari tipe kepribadian "Phlegmatis".

Steadiness/Phlegmatis

Steadiness/phlegmatis adalah tipe orang yang berorientasi pada kehidupan damai tanpa konflik dan stabilitas dalam segala hal. Mereka tidak menyukai kejutan-kejutan dan sesuatu yang sifatnya mendadak atau sangat sulit berubah. orang ini biasanya mempunyai banyak teman, namun bersifat pasif dalam hubungan pertemanan.

Kebutuhan Emosional Dasar : Hidup damai, tenang, hidup teratur (stabil), rasa hormat, rasa diri berharga, mendapat pengakuan dari orang lain, pengertian pihak lain, motivasi pihak lain, suka dipimpin/diperintah orang lain.

Kekuatan Utama : Kepribadian yang menyenangkan, teratur, mampu bekerja secara efisien, pendengar yang baik, penengah konflik yang baik, kemampuan empati, (melihat dari sudut pandang orang lain) yang tinggi, cinta damai, pembawaan tenang, tipe praktis dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kelemahan Utama : Kurang antusias, pemalas, menunda-nunda pekerjaan, plin-plan, tidak bisa bilang "tidak", kurang berani mengambil keputusan, sulit menerima tanggung jawab dengan tanggung jawab besar, tidak punya tujuan hidup yang pasti.

Penyebab Stress : Hidup penuh konflik, harus menghadapi konfrontasi pribadi, diberi target, tidak ada orang yang mengharapkan bantuannya, didesak-desak waktu pekerjaan selesai.

Reaksi Terhadap Stress : Bersembunyi, melarikan diri dari kehidupan, menonton televisi, makan.

Orang yang Disukai : Mau membuatkan keputusan untuk dia, mau mengakui kekuatannya, tidak mengabaikan dia, tidak didesak-desak (pekerjaan atau waktu), mau memberikan penghargaan bagi dia.

Orang yang Tidak Disukai : Menharapkan sesuatu terlalu banyak dari dia, suka mendesak-desak meyelesaikan pekerjaan, penuntut, meminta dia mengambil keputusan.

Tugas dan Pekerjaan yang Cocok : Bekerja dalam sebuah tim, pekerjaan administratifnya (telaten), pekerjaan yang sifatnya rutin, teratur dan butuh diatasi secara objektif, sebagai penengah, pekerjaan untuk menemukan cara/sistem yang lebih mudah dan praktis, mengerjakan satu hal dalam satu waktu, pekerjaan yang dapat diperkirakan terlebih dahulu hasilnya di kemudian hari.

So?

Maka...

Seperti inilah seseorang yang bersifat "Phlegmatis"

Ya, itulah arti dari seseorang yang mempunyai tipe kepribadian "Phlegmatis". Namun ada beberapa sifat yang sepertinya kurang sesuai dengan kebiasaan saya sehari-hari. But, it's ok. Seperti inilah hasil dari ukiran tangan saya pada saat psikotes. Saya akan mencoba untuk meminimalisir kelemahan yang saya miliki dan memaksimalkan kelebihan yang saya miliki. See you later!

6 komentar:

  1. gw koleris to, berdasarkan hasil psikotes.
    padahal, gw merasakan diri gue sebagai koleris-melankolis, jadi emang dua sifat itu dominan di gue.

    BalasHapus
  2. ya, emank hasil ukiran tangan lw di kertas jadi begitu... ya apa boleh buat, hhe.

    btw koleris ntu kayak apa ya?

    BalasHapus
  3. koleris itu, sifat orang yang suka ngatur2 (bossy), gk mau kalah, suka tantangan n petualangan........ <<<< aku dapet dari website ehe

    BalasHapus
  4. Klo dari yg pernah gw baca, memang gak ada yg sanguin 100% atau plegma 100%, pasti ada sifat dominan & yg tidak dominan. Gw phlegma - kholerik :p tapi dominan phlegmatis nya.. Jadi kalo punya keinginan suka nunggu waktu yg tepat u/ mwujudkannya (A.K.A menunda2) :DDD

    BalasHapus
  5. apa maksud gambar di atas tu, yg di bawah tulisan "maka"

    BalasHapus