2010-12-06

30 Awesome Posters And My Mind

Hey, Artwatcher!! Waktu saya lagi cari referensi desain poster yang bagus, saya melah nemuin nih poster-poster yang kereeen!! Saya aja bingung cara buatnya gimana, terutama ide dalam membuat desainnya! Beuh, saluut! Ini dia 30 desain menarik + breath-taking!


Full colour poster  dengan dominasi warna merah. Pada poster Coca-Cola ini ada muka orang wajahnya hijau. Saya jadi inget ama salah satu emoticon di situs Indonesia yang terkenal. Emoticonnya itu bisa bikin Saya ngakak! haha


Opo iki? Saya gak ngerti, tapi desainnya itu simple and elegant!


Penggunaan objek yang berupa kurva garis sangat terlihat di sini. Walau hanya dengan menggunakan gradasi empat warna, poster ini terlihat menarik.


Wow! Seperti layaknya gambar yang dibuat dengan tangan di atas sebuah kertas, efek ini terasa nyata, ditambah dengan sentuhan efek dirty yang pas sekali.


Mungkin kalau saya ingin membuat poster ini, satu jam setelah memulainya saya akan menyerah. Bayangin aja, itu tulisan membentuk contour pada wajah! Hard to make it, you know! (skill saya belum sampai situ, hhe)


Nah, untuk yang beda lagi. Poster ini menggunakan leaf brushes dengan warna yang bervariasi. Selain itu, sepertinya poster ingin memberikan efek seperti gambar anak-anak. Lihat saja, bentuk tulisannya, objek lingkaran yang tidak rapi, warna-warna yang contrast, semua sengaja dibuat untuk mendapat kesan seperti itu.


Kalo poster ini didominasi oleh warna hijau. Suasana alam sangat terasa. Dengan menggunakan clipping art sub menu pada Adobe Photoshop atau efek  Power Clip submenu pada Corel Draw, suatu gambar akan hanya terlihat pada batas gambar yang ada. Ngerti nggak?? Mungkin nanti saya akan memberikan tutorial mengenai ini, hhe.


Gileee, simple design! Tapi sentuhan dan lekukan garis yang muncul dari tulisan "The Rest of  The Best 08" membuat layout terlihat berbeda dan unik.


Memang tidak sedikit desain yang  menggunakan background langit, seperti pada poster ini. Dengan kumpulan objek yang full colour, poster ini memberikan suasana cerah.


Bagaimana dengan poster yang ini? Bila pada poster-poster sebelumnya menggunakan efek 2D, poster yang ini menggunakan efek 3D. Efek 3D sudah terlihat dari tulisannya, disertai pemakaian warna yang kental dengan efek 3D tersebut. Cuma, saya nggak ngerti maksudnya "Stay Green, Go Red", hhe


Poster yang ini menggunakan efek  Grunge. Agar negara Brazil tersebut terlihat mencolok dari negara yang lain, negara-negara selain Brazil diberi warna merah. Selain itu, pada bendera Brazil diberi objek  roll film. Mungkin bagi yang nggak memperhatikan lebih dekat bendera Brazil tersebut, Artwatcher nggak bakal sadar akan kehadiran roll film tersebut, haha.


Hmm... Bagi saya poster agak terlihat suram. Kenapa? karena hanya memakai warna black & white. Akan tetapi, jika dilihat dari desainnya, pada tulisan digunakan efek contour seperti layaknya untuk membatasi kedalaman laut (buka peta lagi, hayoo...).


Ini yang suka bikin saya bete. Saya paling susah meng-edit foto. Tetapi poster ini? Pembuat mampu menghubungkan foto seseorang dengan kumpulan kabel yang menuju stop kontak. Oh, iya. Ada satu lagi. Poster ini juga black& white. Akan tetapi, terdapat unsur blok warna. Apa itu? Blok warna adalah keadaan dimana terdapat warna yang keberadaan sangat terlihat dibanding dengan dominasi warna yang ada. Warna apa itu?? Warna kuning. Lihat saja lencana Sheriff  dan ujung kabel yang mendekati pembaca, haha. Nice lah...


Poster ini mempunyai penggunaan brush yang saya suka. Yup, splatter brushes. Brushes ini menggunakan wet brushes option. Selain itu, poster ini mengganti kata "heart" dengan gambar "heart". Great!


Poster apa ini? Beberapa orang mungkin akan melihatnya sebagai sebuah coretan, berarti pembuat poster ini berhasil membuat efek tersebut (karena membuat orang yang melihatnya beranggapan seperti itu). Dengan menggunakan tiga warna, poster ini mampu menerapkan tema yang diinginkannya.


Wew, cukup seram juga. Poster ini benar-benar memenuhi ruang kosong yang ada. Lihat saja, sampai ada kata "of" di antara selangkangan orang pada poster, haha.


Wew, full colour! Poster ini menggunakan diagonal layout, juga dengan memakai objek garis sehingga poster terlihat tersusun rapi.


How about this? Satu background dengan tiga warna berbeda. Background ini juga menggunakan efek exclusion pada setiap perpindahan warna. Nice!


Hmm, poster ini bikin saya jadi telan ludah melulu, haha Bagus, euy. Old effect + gaya ensiklopedia gitu deh, nice...


Poster ini jelas menggunakan light effect. Lihat saja pada title poster ini. Selain itu, poster ini menggunakan center object layout. Efek nge-jazznya cukup terasa, hhe.


Kalau untuk yang ini berbeda lagi. Sepertinya menggunakan aplikasi 3D Studio Max atau yang sejenisnya. Saya pengin install tapi gak kuat spesifikasinya, >.< Tulisannya sudah jelas full colour dengan efek 3D. Tidak lupa dengan  explosion effect. Nice...


Yang ini? hadduhh, saya masih bingung cara buatnya. Manual sih bisa, tapi bakal kelamaan, hhe. Tapi saluut, efek 3D + diagonal layout-nya saya suka, hhe.


Nah, beda lagi dengan yang ini. Walau dengan menggunakan warna  black & white, berkat floral & swirl brushes poster terlihat menarik. Brushes tersebut juga dipadukan dengan huruf-huruf yang ada sehingga terlihat menyatu.

yang ini simple abis. Cuma bermodalkan kanvas berwarna abu-abu dan beberapa jenis huruf, and then finished! Simple bukan??? Tapi jangan salah blok warnanya itu yang bikin bagus + pemakaian  layout yang baik, nice..


Poster yang ini saya kurang ngerti maksudnya apa. DBD?? Tapi kenapa capung bukan nyamuk??? haha tak tau saya. Tapi desain tulisan yang dibuat full justify membuat tegas  dan terlihat kotak sehingga benar-benar fokus pada masing-masing objek yang ada. Ada satu hal lagi, saya bingung gimana cara buat robot capung itu. Gambar sendiri atau dengan aplikasi tertentu??


Let's see... poster ini memberikan efek agar gambar terlihat seperti dibuat dengan tangan. Layaknya menggunakan cat air, arsiran dan pewarnaan serta penggunaan kanvas membuat poster terlihat nyata seperti dibuat dengan tangan.


Wuissh, dengan menggunakan  radial gradient yang full colour, lalu ditambah dengan  splatter brushes + lines brushes, poster ini terlihat remaja. Tentunya dengan pemilihan warna-warna yang berani.


Hmm... untuk poster ini cukup simpel. Dengan menggambarkan seorang wanita dari garis-garis yang dibentuk, orang yang melihatnya akan mempunyai gambaran tentang apa poster ini. Tapi kalau belum dilihat isinya, tentu saja Artwatcher bisa salah. Karena membuat penasaran, tulisannya dibuat kecil sehingga untuk dilihat lebih dekat. Cukup pintar, hhe...


Wew, kenapa background digunakan warna hitam??? Yup, untuk menampilkan light effects tentunya. Dengan pembuatan objek-objek yang terpusat di tengah, lalu light effects yang berpusat di tengah juga, membuat pesan menjadi fokus. Tidak lupa terdapat splatter brushes + lines brushes, haha.


This is the last one (fiuuhh, haha). Nah, untuk poster yang terakhir ini, menggunakan pattern di setiap objek yang dibuat. Sebagai contoh, pada gambar gunung di bawah poster. Gunung tersebut diberikan diagonal lines pattern. Tidak lupa dengan splatter brushes, hhe.

Oke, itulah pendapat saya tentang 30 poster yang saya temukan di www.touchey.com. Thanks for watching this article!

3 komentar:

  1. to,lo membuat gue bangga... *setelah baca komen-komen di bawah poster*

    :terharu

    BalasHapus
  2. Yang bener kak??? makasih banyak kak! :D
    Tapi, kalo boleh tau terharu seperti apa yang kak winny rasain?

    BalasHapus
  3. bagus ini postingannya, hhe hhe bisa di pake referensi :D
    lanjutkan bangggg !!

    BalasHapus